Sabtu, 13 Desember 2014

tes formatif 6



1. Sebutkan variable – variable yang ada pada sinyal analog ?
2. Bagaimana proses pengiriman data pada Metode Broadband dan Baseband! Tunjukan perbedaan diantara kedua metode tersebut!
3. Sebut dan Jelaskan media transmisi yang di gunakan pada jaringan computer!
4. Suatu terminal sinkron memiliki kecepatan sinyal 3000bps.
Jika pada transmisi ini, satu karakter terdiri dari 8bit (7bit data dan 1 bit paritas), maka berapakah kecepatan transmisinya?
5. Sebut dan Jelaskan pembagian serat optic berdasarkan karakteristiknya!

                                                                    Jawaban
(1)1. Amplitudo
Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog.
2. Frekuensi
Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam waktu satu detik
3. Phase
Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu.

(2).-metode broadband
Metode ini digunakan untuk mentransmisikan sinyal analog. Maka, apabila dalam bentuk sinyal digital harus dimodulasikan lebih dahulu menjadi sinyal analog. Media yang digunakan berupa kabel coaxial broadband yaitu dengan menggunakan media frekuensi radio atau satelit. Data dari beberapa terminal dapat menggunakan satu saluran, tetapi frekuensinya berbeda-beda, sehingga pada saat yang bersamaan dapat dikirimkan beberapa jenis data melali beberapa frekuensi
    -metode baseband
              Baseband adalah tekhnik pengiriman sinyal digital dimana transmisi data atau paket yang digunakan bersifat bidirectional yang digunakan pada jangkauan pendek dengan topologi BUS.Pada metode ini, data yang berupa sinyal digital langsung dikirim melalui media transmisi satu channel seperti kabel, tanpa mengalami perubahan apapun. Dengan cara ini, maka pengiriman data tergantung pada jarak transmisi dan kualitas media yang digunakan. Pada metode ini, dibutuhkan peralatan multiplexing yang disebut time division multiplexing (TDM)

      (3).     Paralel, satu konektor yang terdiri dari tujuh atau delapan bit (ASCII) ditransmisikan secara serentak setiap saat.
         Serial merupakan bentuk transmisi yang secara umum dipergunakan. Pada transmisi serial ini, masing-masing bit dari suatu karakter dikirimkan secara berututan, yaitu bit per bit, dimana satu bit diikuti oleh bit berikutnya.


(4). 3000 bps : 8 bit = 375 cps

(5).- Single mode
Serat optik single mode/mono mode mempunyai diameter inti (core) yang sangat kecil 3-10 mm, sehingga hanya satu berkas cahaya saja yang dapat melaluinya. Oleh karena hanya satu berkas cahaya maka tidak ada pengaruh indeks bias terhadap perjalanan cahaya atau pengaruh perbedaan waktu sampainya cahaya dari ujung satu sampai ke ujung yang lainnya ( tidak terjadi dispersi ). Dengan demikian serat optik single mode sering dipergunakan pada sistem transmisi serat optik jarak jauh atau luar kota ( long haul transmission system ). Sedangkan gradded index dipergunakan untuk jaringan telekomunikasi lokal (local network).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar