Sabtu, 13 Desember 2014

TES FORMATIF KEGIATAN 7 dan 9





1. Sebutkan dan jelaskan kualitas layanan transport layer
2. Apa yang disebut dengan router ? jelaskan penggunaan router pada jaringan komputer !
3. Sebutkan dan jelaskan protokol-protokol yang ada lapisan transport !
4. Apa yang dimaksud dengan :
a. Listen
b. CLOSING
c. TIME WAIT
5. Sebutkan dan jelaskan model layanan UDP !

JAWABAN

(1)
 1.  Connection establishment delay
Jumlah waktu antara saat permintaan koneksi transport dengan diterimanya konfirmasi oleh pengguna oleh layanan transport. Delay meliputi pemrosesan pada transport entity di tempat lain.
 

2. Connection establishment failure probability
Kesempatan koneksi untuk tidak terbentuk di dalam waktu delay pembentukan maksimum, misalnya sehubungan dengan kemacetan jaringan atau kurangnya ruang pada tabel dan masalah internal lainnya.
 

3. Parameter throughput
Mengukur jumlah byte data pengguna yang ditransfer perdetik.Byte ini diukur dalam interval waktu tertentu. Throughput diukur secara terpisah pada masing-masing arah lalu lintasnya.
 

4. Transit delay
Mengukur waktu antara saat pesan yang dikirim oleh pengguna transport pada komputer sumber dan saat pesan diterima oleh pengguna transport pada komputer tujuan. Seperti halnya throughput.
 

5. Residual error ratio
Mengukur jumlah pesan yang hilang atau rusak sebagai bagian dari total pesan yang dirimkan. Pada teorinya, kelajuan error residu harus sama dengan nol, karena telah merupakan tugas transport layer untuk menyembunyikan seluruh error network layer. Sedangkan dalam prakteknya, rasio ini bisa berupa nilai kecil yang tertentu.
 

6. Transfer failure probability
Mengukur sejauh mana layanan lapisan transport berfungsi sesuai dengan apa yang diharapkan. Ketika koneksi transport ditetapkan, harus disepakati dahulu tingkat keluarannya, delay transitnya dan angka kesalahan residunya. Probabilitas kegagala transfer datan memberikan tenggang waktu sehingga ketetapan yang telah disepakati ini tidak akan terpenuhi selama periode observasi.
 

7. Connection release delay
Jumlah waktu yang terbuang antara waktu pelepasan awal koneksi oleh komputer sumber dan terjadinya pelepasan pada komputer penerima.
 

8. Connection release failure probability (probabilitas kegagalan pelepasan koneksi) bagian dari usaha pelepasan koneksi yang telah ditetapkan.
 

9. Parameter protection
Menyediakan cara bagi pengguna transport untuk menspesifikasikan pemakaian transport layer dalam menyendiakan proteksi terhadap pihak ketiga yang tidak berhak, yang berusaha untuk membaca atau memodifikasi data yang hendak ditransmisikan.
 

10. Parameter priority .Menyediakan cara pengguna transport untuk mengindikasikan bahwa beberapa koneksinya lebih penting dibanding dengan koneksi lainnya. Pada saat terjadi kemacetan, parameter ini menentukan bahwa koneksi yang berprioritas tinggi dilayani lebih dahulu dari koneksi yang berprioritas rendah
 

11. Parameter resilience
Memberikan probabilitas transport layer itu sendiri yang secara spontan mengakhiri koneksi sehubungan dengan adanya masalah internal kemacetan.


(2). Router adalah perangkat antara yang dapat digunakan untuk menghubungkan dua jaringan lokal yang mempunyai protokol sama pada lapisan jaringan OSI sedangkan protokol pada lapisan fisika dan data ZinL berbeda.
Kegunaan router :
    * router dapat menggunakan jalur terbaik yang memang secara fisik berada antara      alamat sumber dan tujuan.
    * Mudah disesuaikan bila ada perubahan topologi keseluruhan jaringan.
    * Bridge menolak paket yang terlalu besar untuk diteruskan.
       Tetapi router tidak


(3).    Internet memiliki dua buah protokol utama dalam transport layer, sebuah protokol connection oriented dan  sebuah protokol connectionless. Protokol connection oriented tersebut adalah TCP, sedangkan yang connectionless adalah UDP. Karena UDP pada dasarnya merupakan IP dengan tambahan header yang pendek.
 

(4). a. Listen           : Server sedang menunggu panggilan yang dating  
         b. CLOSING    : Kedua sisi telah mencoba menutup koneksi secara bersamaan
          c. TIME WAIT  : Menunggu seluruh paket untuk mati.
 

(5). Protokol transport connectionless yaitu UDP (User data Protocol) menyediakan cara bagi aplikasi untuk        mengirimkan datagram IP yang dikemas kemudian mengirimkan datagram ini tanpa melakukan pembentukan koneksi.Dua buah prty mempunyai fungsi yang sama seperti yang dikejakan pada TCP yaitu mengidentifikasikan end point pada komputer sumber dan komputer tujuan. Field length UDP meliputi header 8 byte dan data.

3 komentar: